Mempertimbangkan jurusan dengan prospek kerja tinggi perlu sobat eCampuz pikirkan sebelum memutuskan kuliah untuk memperbesar peluang kesempatan agar dapat berkarir di industri yang terus berkembang.

Memilih jurusan dalam perkuliahan merupakan keputusan penting yang harus diambil dengan tepat, karena akan berpengaruh terhadap masa studi selama berada di bangku kuliah. Seringkali calon mahasiswa masih bingung terhadap jurusan yang akan diambil.

Baca juga : 7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Jurusan!

Pemilihan jurusan salah satunya perlu didasarkan pada bakat dan minat dalam suatu bidang, akan tetapi tidak sedikit calon mahasiswa memilih jurusan setelah melihat prospek kerja pada jurusan tersebut.

Peluang Kerja di Masa Depan

Jurusan Dengan Prospek Kerja Tinggi

Pekerjaan adalah salah satu hal yang terus bertransformasi mengikuti laju zaman. Tidak bisa dipungkiri, banyak pekerjaan yang mulai tergerus oleh perkembangan teknologi, misalkan ojek konvensional yang tergantikan oleh ojek online; operator telepon, tekemarketer yang mulai tergantikan dengan teknologi voice recognition; bahkan pekerja farmasi yang di beberapa perusahaan mulai tergantikan dengan mesin yang bisa melakukan pekerjaan menangani resep para pelanggan.

Sebagai calon mahasiswa, sobat eCampuz haruslah bisa melihat peluang kerja di masa depan. Oleh karenanya banyak mahasiswa memilih jurusan dengan prospek kerja tinggi untuk mengamankan tiket di dunia kerja.

Baca Juga : 10 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik Mencoba?

7 Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan dengan prospek kerja tinggi berdasarkan lulusannya yang langsung mendapatkan kerja sesuai bidangnya dan dibutuhkan di masa mendatang.

Kedokteran

Salah satu jurusan yang menjamin masa depan mahasiswanya adalah jurusan kedokteran. Jurusan ini memiliki prospek kerja tinggi dikarenakan kebutuhan tenaga kesehatan yang semakin meningkat. Apalagi kesehatan adalah hal pokok dalam kehidupan manusia.

Dalam jurusan ini mahasiswa akan mempelajari ilmu kesehatan, anatomi tubuh, pengobatan dan lain sebagainya. Mahasiswa juga akan diajarkan memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan sesuai janji seorang dokter. Gaji seorang dokter tergantung pada spesialisasi yang diambil dan juga tempat bekerja. 

Gaji dokter spesialis di Indonesia berada di kisaran 23 juta hingga 25 juta per bulan. Apabila ditambah insentif dan sebagainya bisa mencapai 80 juta per bulan

Statistika

Di era digital saat ini, kemampuan mengolah data sangatlah dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Oleh karenanya statistika menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang tinggi. Lulusan jurusan statistika yang mampu mengolah data menjadi informasi memiliki nilai yang sangat bagus dalam dunia kerja.

Dalam jurusan ini juga terdapat peminatan data scientist yang banyak dicari dalam dunia bisnis. Seorang yang bekerja dibidang statistika atau data scientist bisa digaji sebesar 15 juta hingga 40 juta per bulan.

Arsitektur

Arsitektur bisa dibilang sebagai jurusan dengan prospek kerja tinggi dikarenakan pembangunan terus berjalan seiring dengan perkembangan IPTEK. Tentu jika pembangunan terus tumbuh, arsitek menjadi pekerjaan yang banyak dicari.

Dalam jurusan ini mahasiswa tidak hanya belajar teknik membuat bangunan yang fungsional dan sesuai anggaran, akan tetapi mahasiswa arsitek juga belajar mengenai ilmu seni. Arsitek juga bisa bekerja secara individual untuk jasa pembuatan rumah.

Gaji seorang arsitek bisa mencapai 7 juta hingga 25 juta per bulan, tergantung pada proyek dan reputasi si arsitek itu sendiri.

Bisnis Digital

Perkembangan dunia digital di Indonesia sangat pesat. Menurut Menurut laporan We Are Social dalam katadata.co.id , pada Januari 2024 ada 185 juta individu pengguna internet di Indonesia, setara 66,5% dari total populasi nasional yang berjumlah 278,7 juta orang.Pengguna internet di Indonesia awal tahun ini tercatat bertambah sekitar 1,5 juta orang atau naik 0,8% dibanding Januari 2023 (year-on-year/yoy).

Dari data di atas, maka bisnis digital menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja tinggi.. Apalagi tren belanja online juga terus meningkat, membuat bisnis digital menjadi potensi yang besar.

Lulusan bisnis digital memiliki pengetahuan dalam bidang strategi marketing, analisis pasar, pengelolaan tools marketing dan lain sebagainya. Gaji seorang ahli bisnis digital bisa mencapai 10 juta hingga 35 juta per bulan.

Informatika

Seperti penjelasan sebelumnya, berkembanganya tekhnologi membuat seseorang yang memiliki pengetahuan tentang teknologi berpeluang besar mendapatkan kerja cepat. Di era digital seperti sekarang, hampir semua bisnis menggunakan lulusan Teknologi Informasi untuk mengoptimalkan bisnis mereka.

Lulusan jurusan informatika banyak dicari untuk mengisi beberapa posisi seperti programmer, developer, software engineer, dan sebagainya. Perkiraan gaji pada pekerjaan di atas sekitar 15 juta hingga 27 juta per bulan.

Teknik Perminyakan

Sudah bukan rahasia umum jika Teknik Perminyakan ini adalah jurusan Dengan Prospek Kerja Tinggi. Bukan tanpa sebab, permintaan minyak untuk memenuhi kebutuhan manusia terus meningkat.

Sebagai lulusan teknik perminyakan, seseorang harus mengetahui bagaimana  cara mengeksplorasi, mengolah, dan mendistribusikan minyak bumi sebagai sumber energi yang banyak digunakan

Industri perminyakan juga menjadi sektor pekerjaan yang sangat menjanjikan. Gaji seorang ahli teknik perminyakan bisa mencapai 10 juta hingga 40 juta per bulan.

Desain

Jurusan yang berhubungan dengan gambar alias desain seringkali diremehkan, padahal menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja tinggi loh sobat eCampuz. Belakangan ini bahkan viral seorang freelance designer dari purwokerto yang banyak mendapat client seorang pesepakbola profesional.

Design sangat diperlukan di dalam semua lini pekerjaan, mulai dari logo, design produk, media sosial, brand identity dan sebagainya. Jika sobat eCampuz merasa punya bakat menggambar tidak ada salahnya mencoba mengambil jurusan desain. Rata-rata gaji seorang designer bisa mencapai 3 juta―10 juta per bulan tergantung jenis projek yang dikerjakan.

Itulah beberapa jurusan dengan prospek kerja yang tinggi. Diluar dari jurusan tersebut juga terdapat beberapa jurusan yang memiliki peluang kerja yang besar. Oleh karenanya kesempatan mendapatkan pekerjaan yang layak juga tergantung skill yang dimiliki sobat eCampuz. Temukan bacaan seputar dunia pendidikan tinggi di ecampuz.com.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)