Ada banyak banget tips menentukan jurusan kuliah. Wajar sih, karena ketika melanjutkan untuk berkuliah, keputusan penting selanjutnya adalah menentukan jurusan apa yang akan diambil. Jangan sampai waktu bertahun yang akan dihabiskan di pendidikan tinggi hanya terbuang begitu saja, karena salah menentukan jurusan yang diambil. Beberapa waktu lalu, ahli Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur menyebutkan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan.

Salah dalam menentukan jurusan berpotensi mengakibatkan stres dan juga menghambat proses belajar di masa kuliah. Sebab mahasiswa akan dihadapkan pada banyak tugas dan kegiatan yang mengharuskan mereka mengetahui ilmu pada mata kuliah tersebut. Oleh karenanya penting bagi calon mahasiswa untuk memilih jurusan sesuai dengan yang diinginkan. 

Agar tidak terjadi salah pilih jurusan, sobat eCampuz bisa mencoba beberapa tips menentukan jurusan kuliah di bawah ini.

Tips Menentukan Jurusan Kuliah

Banyaknya jurusan dalam dunia perkuliahan membuat calon mahasiswa bingung menentukan pilihannya. Tapi tenang, yuk simak 7 tips menentukan jurusan kuliah yang bisa sobat eCampuz lakukan bertahap.

1. Pahami Minat dan Bakat yang Dimiliki

Langkah pertama yang harus sobat eCampuz lakukan adalah mengenali minat dan bakat yang dimiliki. Hal ini berpengaruh terhadap jurusan yang akan diambil, sebab jika pemilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat akan membuat sobat eCampuz merasa lebih tertarik.

Bakat adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mudah atau cepat menguasai hal-hal tertentu, sedangkan minat adalah ketertarikan seseorang pada hal tertentu yang membuatnya merasa senang atau merasa puas.

Contohnya ketika seseorang memiliki bakat dan minat dalam dunia gambar akan lebih baik jika mengambil jurusan yang berhubungan dengan gambar seperti DKV, Seni Rupa, Tata Busana dan lain sebagainya.

2. Riset Jurusan

Setelah mengetahui minat dan bakat, hal yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan riset jurusan. Riset dilakukan untuk mengetahui mata kuliah yang diambil, prospek kerja, fakta tentang jurusan tersebut dan lain sebagainya.

Riset mengenai jurusan juga akan memberikan rasa percaya diri dalam menentukan pilihan, sebab kita akan memperoleh pengetahuan tentang jurusan tersebut. 

3. Konsultasi dengan Teman dan Keluarga

Setelah menentukan jurusan, tips menentukan jurusan kuliah selanjutnya adalah coba lakukan sharing dan konsultasi dengan teman atau keluarga terdekat kalian. Apalagi jika seseorang tersebut memiliki pengalaman kuliah di jurusan yang sama. Sobat eCampuz bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya hal-hal yang masih membuat ragu.

Ketika sedang merasa bingung, sempatkan untuk bercerita tentang pertimbangan mengambil jurusan yang sudah dipilih. Dengan bercerita, sobat eCampuz akan merasa lebih tenang.

4. Bersikap Terbuka Terhadap Saran

Meskipun sudah menentukan jurusan, alangkah lebih baik jika memiliki perasaan terbuka terhadap saran dari orang lain. Saran tersebut juga bisa dijadikan tumpuan apakah sobat eCampuz benar benar yakin dengan jurusan yang akan diambil.

5. Pertimbangkan Prospek Karier

Sembari melakukan riset jurusan, sobat eCampuz juga bisa mempertimbangkan prospek kerja di setiap jurusan. Prospek kerja adalah peluang karier yang mungkin di dapatkan di masa depan dengan melihat latar belakang pendidikan atau pengalaman seseorang.

Akan tetapi dalam perjalanannya, beberapa mahasiswa mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusannya, hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan selama kuliah. Akan tetapi kebanyakan pekerjaan hanya bisa diambil oleh seseorang dengan latar belakang pekerjaan tertentu

6. Tinjau Lokasi dan Biaya Kuliah

Yang tak kalah penting dalam memilih jurusan kuliah adalah lokasi dan biaya kuliah di jurusan tersebut. Lokasi kuliah menentukan biaya hidup dan juga kesempatan berkembang karena faktor lingkungan. 

Selain itu perlu juga bagi calon mahasiswa mengetahui besaran biaya UKT pada jurusan yang dipilih. Setelah sebelumnya ramai dibicarakan terkait kenaikan UKT, pemerintah akhirnya batal menaikan UKT oleh karenanya penting bagi calon mahasiswa mengetahui apakah UKT jurusan yang dipilih teman teman tidak terlalu tinggi.

 7. Lakukan Tes Psikotes

Jika  sobat eCampuz masih mengalami rasa tidak percaya diri dalam pemilihan jurusan, sobat eCampuz bisa menggunakan tes psikotes untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat sobat eCampuz.

Tes Psikotes Masuk Kuliah adalah tes berisi kumpulan soal untuk mengidentifikasi kecocokan individu dalam suatu bidang tertentu. Hasil tes ini bisa digunakan sebagai acuan dalam memilih jurusan jika masih memiliki kebingungan dalam memilih jurusan kuliah.

Baca juga: Perbedaan Psikologi Jurusan IPA atau IPS

Lebih Penting Kampus atau Jurusannya?

Seringkali muncul pertanyaan “Mending Jurusannya apa Universitasnya?” Faktanya, meskipun nggak sedikit yang bilang kalau semua universitas itu sama aja, alangkah lebih baik sebagai calon mahasiswa melakukan riset terlebih dahulu tentang kampus yang akan kalian pilih.

Di beberapa kampus, mahasiswa bukan hanya mendapatkan ilmu dan gelar, akan tetapi mereka juga bisa mendapatkan privilege lain berupa jaringan kerja, kesempatan penelitian, program-program pendanaan maupun program mahasiswa. Setiap kampus memiliki perbedaan satu sama lain dalam program kemahasiswaan.

Itu tadi beberapa tips menentukan jurusan kuliah agar sobat eCampuz tidak salah dalam menentukan pilihan. Jika sobat eCampuz masih bingung, artikel ini bisa membantumu: 10 Jurusan dengan prospek kerja tinggi.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)