Impian untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan dambaan banyak orang. Namun, biaya terkadang menjadi kendalanya. Sobat eCampuz tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak beasiswa kuliah dari pemerintah untuk jenjang pendidikan D3 sampai S3. Jadi, kamu bisa mencapai tujuan pendidikan tanpa harus khawatir tentang biaya.

Beasiswa kuliah gratis dari pemerintah dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan studi, di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan berbagai program beasiswa tersebut, kamu bisa melanjutkan pendidikan sesuai minat dan tujuan karir. Untuk tahu, beasiswa kuliah dari pemerintah itu apa saja, simak penjelasan berikut ini.

Dasar Hukum Beasiswa Kuliah dari Pemerintah

Program beasiswa kuliah dari pemerintah diatur oleh berbagai dasar hukum yang bertujuan untuk memastikan distribusi dan penggunaan dana pendidikan secara adil. Berikut adalah beberapa dasar hukum yang mendasari program beasiswa kuliah pemerintah:

Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 16, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5500).

Bidikmisi, KIP Kuliah, dan Bantuan UKT/SPP

  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Menteri Ristekdikti No. 6 Tahun 2019 tentang Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Berprestasi.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar.
  • Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar.
  • Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Daftar Beasiswa Kuliah Gratis Dari Pemerintah

Siswa dan mahasiswa Indonesia memiliki kesempatan lebih besar untuk melanjutkan pendidikan tanpa terkendala masalah biaya. Karena saat ini ada banyak sekali beasiswa kuliah gratis dengan persyaratan tertentu. Jadi, berikut ini adalah beberapa pilihannya.

1. Beasiswa APERTI BUMN

Program beasiswa yang disediakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN yang tersebar di Pulau Jawa. Program ini ditujukan bagi siswa SMA/SMK/MA yang akan lulus tahun ini atau tahun depan dan masih mencari beasiswa dalam negeri. Beasiswa APERTI BUMN memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk menempuh pendidikan tinggi di salah satu dari delapan perguruan tinggi seperti. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih hingga tiga program studi di salah satu universitas berikut:

  • Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) di Gresik, Jawa Timur
  • Institut Teknologi PLN (ITPLN) di Jakarta
  • Universitas Pertamina (UPER) di Jakarta
  • IT Telkom Surabaya (ITTS)
  • Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) di Bandung
  • Telkom University (TEL U) di Bandung
  • IT Telkom Jakarta (ITTJ)
  • IT Telkom Purwokerto (ITTP)

Beasiswa akan memberikan pertanggungan mencakup biaya kuliah penuh selama masa studi, yaitu maksimal 8 semester untuk jenjang S1 dan 6 semester untuk jenjang D3. Beasiswa APERT BUMN juga memiliki ketentuan tambahan seperti wajib mempertahankan Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,4 dan mengikuti kegiatan promosi dari perguruan tinggi.

Sementara, cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis APERTI BUMN, calon penerima harus memenuhi syarat berikut:

  • Memiliki ijazah SMA/SMK/MA yang diterbitkan maksimal dua tahun sebelum tahun pendaftaran.
  • Mengumpulkan nilai rapor semester 1 hingga 5.
  • Mengunggah berkas pendaftaran secara daring di website perguruan tinggi terkait, seperti KTP dan KK.
  • Mengunggah sertifikat penghargaan jika ada.

2. Beasiswa LPDP

Suatu program beasiswa yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Program ini mencakup berbagai universitas baik di dalam maupun luar negeri sesuai dengan daftar yang disediakan oleh LPDP.

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa kuliah luar negeri dan dalam negeri dengan LPDP bervariasi. Tapi, secara umum, syaratnya adalah:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Ijazah terakhir yang didapat.
  • Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan (khusus program S2 langsung S3).
  • Tidak sedang menempuh studi pada jenjang S2 di universitas manapun.
  • Tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  • KTP atau Paspor.
  • Mengisi profil diri dan menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, serta rencana kontribusi di Indonesia.
  • Proposal Penelitian.
  • Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris dengan skor tertentu.

Ketika mendapatkan beasiswa LPDP, kamu bisa memperoleh pertanggungan biaya pendidikan seperti biaya pendaftaran, SPP/Tuition Fee, tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional. Selain itu, juga biaya pendukung seperti transportasi, aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, dan biaya keadaan darurat jika diperlukan.

3. Beasiswa Kominfo

Beasiswa Kominfo adalah program beasiswa kuliah dari pemerintah yang diberikan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk melanjutkan studi jenjang S2. Beasiswa ini ditujukan bagi ASN, Anggota TNI/Polri, serta masyarakat umum yang bekerja di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau pelaku start-up lokal.

Calon penerima beasiswa Kominfo dapat memilih program studi di universitas berikut:

  • Dalam negeri: Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin.
  • Luar negeri: Tsinghua University (Tiongkok), Eötvös Loránd University (Hungaria), International Institute of Information Technology Bangalore (India), The University of Electro-Communication (Jepang), University of Twente (Belanda).

Ketika kamu mendapatkan program beasiswa ini maka akan mendapatkan pertanggungan biaya pendidikan, biaya hidup, biaya transportasi pesawat kelas ekonomi, biaya penempatan awal, biaya asuransi kesehatan, dan biaya visa pelajar.

Sementara syarat pendaftaran beasiswa Kominfo berbeda antara dalam negeri dan luar negeri. Untuk dalam negeri, syaratnya juga dibedakan antara ASN, TNI/Polri, dan masyarakat umum. Secara umum, syaratnya adalah:

  • Berusia maksimal 37 tahun untuk ASN dan TNI/Polri. Sementara masyarakat umum maksimal 33 tahun.
  • Masa kerja minimum 2 tahun.
  • IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan 2,90 untuk bidang informatika.

4. Beasiswa Indonesia Maju (BIM)

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) adalah program beasiswa hasil kerjasama antara LPDP dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk menempuh kuliah jenjang S1 maupun D4 di universitas dalam maupun luar negeri.

Penerima beasiswa BIM akan mendapatkan fasilitas gratis biaya pendidikan seperti biaya kuliah, tunjangan buku, dan biaya skripsi. Selain itu, juga biaya pendukung seperti tiket pesawat pergi-pulang, biaya visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, dan biaya keadaan darurat. Untuk skema dalam Beasiswa Indonesia Maju terbagi menjadi 3 yaitu.

  • Beasiswa S1 atau D4 calon guru SMK untuk berkuliah di universitas dalam negeri.
  • Beasiswa S1 pelaku budaya untuk berkuliah di universitas dalam negeri.
  • Beasiswa Indonesia Maju (BIM) untuk berkuliah di universitas dalam dan luar negeri.

Sementara, persyaratan calon penerima beasiswa ini harus memiliki prestasi di salah satu dari empat bidang ketalentaan: sains, riset, teknologi, dan inovasi; seni, budaya, dan bahasa; vokasi dan kewirausahaan; olahraga dan kesehatan jasmani. Prestasi ini harus dapat diverifikasi dan diunggah ke Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

5. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan PTN yang memenuhi kriteria tertentu. Umumnya tidak melakukan pelanggaran proses pembelajaran dan memiliki prestasi akademik yang baik. Calon penerima beasiswa ini dapat harus terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) dan memenuhi persyaratan lainnya seperti IPK minimal 3,00 dan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.

6. Bidikmisi/KIP Kuliah

KIP kuliah adalah program yang ditujukan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu dengan kriteria tertentu. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan dan tunjangan lainnya. Untuk mendapatkan beasiswa KIP, mahasiswa harus memenuhi persyaratan seperti memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

7. Bantuan UKT/SPP

Program beasiswa kuliah online gratis yang diberikan kepada mahasiswa saat mengalami kesulitan finansial akibat pandemi COVID-19. Sehingga tidak dapat membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Prioritas diberikan kepada mahasiswa dari keluarga dengan pendapatan rendah dan yang tidak sedang menerima beasiswa lain yang membiayai UKT/SPP.

8. Beasiswa Difabel

Program beasiswa kuliah dari Pemerintah yang khusus ditujukan untuk mahasiswa penyandang disabilitas. Program ini memberikan dukungan kepada mahasiswa dengan keterbatasan fisik, intelektual, atau mental yang memiliki potensi akademik baik. Persyaratan meliputi pendaftaran di sistem Bidikmisi dan sertifikasi dari lembaga yang kompeten mengenai kondisi disabilitas mahasiswa.

9. Beasiswa Bank Indonesia

Suatu program beasiswa kuliah yang diberikan oleh GenBi (Generasi Baru Indonesia) di bawah binaan Bank Indonesia untuk mahasiswa jenjang S1. Beasiswa ini mencakup bantuan biaya kuliah, tunjangan hidup, akses ke komunitas Beasiswa BI, dan pelatihan dari Bank Indonesia.

Skema Beasiswa Bank Indonesia terbagi menjadi dua yaitu,

  1. Beasiswa unggulan yang diberikan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bekerjasama dengan Bank Indonesia.
  2. Beasiswa reguler yang diberikan kepada PTN/PTS/SMK vokasi hasil kerjasama dengan Bank Indonesia melalui proses pengajuan sebagai penerima beasiswa.

Baca juga: 5 Tips Menghadapi Ujian Mandiri PTN

Untuk persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa Bank Indonesia adalah:

  • Mahasiswa/siswa aktif jenjang D3, D4, dan S1 dan tidak sedang cuti akademik.
  • Telah menyelesaikan minimal 40 SKS (S1) atau 24 SKS (D3) atau semester 2 (SMK Vokasi).
  • Memiliki IPK minimal 3.00 dari skala 4.
  • Berusia tidak lebih dari 23 tahun saat menerima beasiswa.
  • Tidak menerima bantuan beasiswa lain.
  • Memiliki pengalaman kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis dari Pemerintah?

Mendapatkan beasiswa kuliah gratis memerlukan langkah-langkah dan persyaratan tertentu. Berikut adalah panduan umum tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah dari pemerintah:

  1. Riset program beasiswa: Identifikasi jenis beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang kamu. Teliti persyaratan dan kriteria yang diperlukan untuk setiap program.
  2. Persiapkan dokumen yang diperlukan: Kumpulkan dan siapkan dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga, transkrip nilai, sertifikat prestasi, dan surat pernyataan yang diperlukan untuk pendaftaran.
  3. Daftar dan ajukan permohonan: Ikuti prosedur pendaftaran yang ditetapkan oleh masing-masing program beasiswa. Pastikan untuk mengisi formulir aplikasi dengan lengkap dan benar.
  4. Lakukan verifikasi dan validasi: Beberapa program beasiswa memerlukan verifikasi dokumen dan data. Pastikan semua informasi yang diberikan akurat dan lengkap.
  5. Tunggu pengumuman: Setelah mengajukan permohonan, tunggu proses seleksi dan pengumuman hasil. Jika diterima, ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengaktifkan beasiswa.

Dengan beragam beasiswa, siswa dan mahasiswa Indonesia memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa harus khawatir mengenai biaya. Dukungan dari pemerintah diharapkan bisa mencetak generasi muda yang berprestasi dan mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia. Jadi, pastikan sobat eCampuz selalu memperbarui informasi syarat dan pendaftaran sesuai dengan jenis program beasiswa tersebut supaya mendapatkan kesempatan kuliah gratis. KuliahAja bisa menjadi salah satu platform pilihan untuk kamu mendapatkan informasi pendaftaran kuliah dan beasiswa hanya lewat satu aplikasi. Informasi terupdate dan berbagai tips kuliah juga bisa didapatkan dengan mudah.

Gambar sampul ilustrasi dari benzoix di Freepik

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)